Apa sih yang dimaksud Role Player?

Permainan peran (bahasa Inggris: role-playing game disingkat RPG) adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.

Dalam sebuah permainan RPG, jarang ada yang “kalah” atau “menang”. Ini membuat permain RPG berbeda dari jenis permainan papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, permainan kartu, olah raga, dan permainan lainnya. Seperti sebuah novel atau film, permainan RPG mempunyai daya tarik karena permainan-permainan ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok.

Permainan RPG rata-rata dimainkan seperti sebuah drama radio: ketika seorang pemain “berbicara”, dia berbicara sebagai tokohnya dan ketika si pemain ingin tokohnya melakukan sesuatu yang fisik (seperti menyerang sebuah monster atau membuka sebuah gembok) dia harus menggambarkannya secara lisan.

Ada pula sejenis permainan RPG di mana para pemain bisa melakukan gerakan fisik tokohnya oleh si pemain sendiri. Ini disebut Live-Action Role-playing atau LARP. Dalam permainan LARP, biasanya para pemain memakai kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan.

Permainan PC yang menggunakan unsur-unsur dan mekanisme permainan RPG disebut sebagai computer role-playing games atau CRPG. Selain di PC, RPG juga banyak diadaptasikan ke mesin-mesin permainan atau konsol, yang disebut console role-playing games, disingkat cRPG. Dengan meningkatnya popularitas RPG elektronik, industri permainan video telah membuat istilah RPG dikenal untuk RPG elektronik saja, dan mengakibatkan munculnya istilah RPG “pen and paper” atau “tabletop” untuk mendeskripsikan RPG tradisional.

Tapi, kebanyakan yang ada di zaman sekarang , role player digunakan untuk menjadi parodi artis idola mereka, dengan syarat tidak menjelek-jelekkan nama baik artis tersebut.. memang banyak yang bilang itu memalsukan, tetapi saat bermain role player,  harus ada dicantumkan roleplayer/parodi dan tidak mengaku sebagai real atau sesungguhnya.. Roleplayer itu biasanya banyak memparodikan artisK-POP namun dengan berkembangnya zaman, sekarang berjamur ke artis manca negara seperti Jepang, Barat, China, maupun Indonesia, tapi ada juga yang menggunaka nama-nama kartun/animasi. Roleplayer itu seru, namun harus mengikuti syarat agar tidak memengaruhi yang diroleplayerkan (RP). Menjadi seorang roleplayer itu mudah banget. Karena mudahnya, banyak kalangan yang memasuki fans club idolanya memainkannya, disitu kita bisa curhat sesama, canda bersama. Roleplayer biasa ditemukan atau dimainkan di beberapa jejaringan sosial , seperti Facebook, Twitter, Heello, dsb. Biasanya, jika  bermain RP, harus mencari agency dulu (akun yang bertugas sebagai akun pusat) dari berbagai kumpulan akun RP lainnya.

Jadi, roleplayer just Have Fun^^ .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s